Perkuat Literasi SMA 1 Pekalongan

Pelaksanaan kegiatan lomba literasi di SMA Negeri 1 Pekalongan berlangsung dengan sukses. Hari ini (18/10) SMA Negeri 1 Pekalongan mengadakan kegiatan dalam rangka memeriahkan hari literasi. Semua siswa SMA rujukan ini antusias untuk menyambut kegiatan tersebut.

Lomba literasi yang bertajuk “Lomba Literasi SMA Rujukan SMAN 1 Pekalongan” ini mengadakan berbagai rangkaian kegiatan yang menarik dan edukatif. Tentunya, untuk menambah serta memperkuat budaya literasi di SMANSA.

Kegiatan ini diawali dengan senam aerobik yang dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 1 Pekalongan pukul 7 pagi. Setelah berkeringat melaksanakan senam, seluruh siswa menyantap makan paginya bersama-sama. Hal ini menciptakan kesan rahat antar siswanya.

Kegiatan selanjutnya yaitu, lomba baca puisi, speech contest, dan pentas seni antar angkatan kelas. Sebelumnya telah diadakan seleksi untuk ketiga penampilan tersebut, yang akhirnya setiap angkatan hanya menyisakan 3 peserta terbaik dari speech contest dan baca puisi.

Peserta lomba baca puisi yang berhasil lolos seleksi menunjukkan taringnya di atas panggung. Sehingga kesan pembaca puisi profesional menguar ketika para peserta ini menampilkan kebolehannya. Kemudian dilanjutkan speech contest. Pembawaan speech yang hebat dari para peserta diiringi sorakan penuh para pendukung setiap peserta.

Disini juga terdapat penampilan hiburan yang menakjubkan. Mulai dari penampilan solo song dari Nabil Hadiansyah X MIPA 7 puisi berantai dari X IPS 1 yang mengundang gelak tawa seluruh penonton, serta penampilan band dari kelas XII IPS 2 yang membawa decak kagum. Tidak hanya sampai disitu berbagai penampilan menarik lainnya juga ditampilkan.

Ditambah dengan program OSIS SMANSA yakini, SMANSA dodolan ikut memeriahkan dengan membuka stand makanan. Hal ini bertujuan untuk menemani siswa yang lapar dan haus ketika kegiatan lomba literasi berlangsung. Berbagai makanan, minuman, dan camilan yang mereka sediakan juga bervariasi.

Bukan hanya itu, kegiatan bulan bahasa ini ditutup dengan seminar jurnalistik yang diikuti oleh tim jurnalistik SMANSA. Disini, kami diberikan pengetahuan yang lebih tentang menulis sebuah artikel, wawancara, public speaking dan lain sebagainya.

Rangkaian kegiatan ini memberi kesan positif  bagi seuluruh pesertanya. Seperti yang dituturkan salah sorang peserta kegiatan literasi ini dari kelas X MIPA 3.

Manfaat dari kegiatan literasi itu banyak, Jadi kalau sudah di biasakan di suatu tempat maka dapat dipastikan tempat itu jadi tempat yang unggul. Jadi kegiatan literasi ini jelas kegiatan positif.” Tutur Mulya Damayanti sesaat setelah rangkaian kegiatan pada hari ini berakhir.

Harapannya setelah kegiatan ini, Literasi bukan lagi hanya sebuah event tetapi menjadi sebuah budaya yang mandarah daging di smansa bahkan di Indonesia.

Tonton Video kegiatan literasi SMA Rujukan SMA 1 Pekalongan disini

Salam literasi !

Ditulis oleh Tim Eskul Jurnalistik Siswa (Vita Vibri Taufik Hidayat, Maulida Zachwa Disla, Saventi Aulia)

Tinggalkan Komentar atau Pesan Anda Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Security Test
%d bloggers like this: