Pertika 2018

Pada tanggal 25 s.d 27 Juli 2018 yang lalu, gerakan pramuka SMA 1 Pekalongan (Gamaraka) mengadakan Perkemahan Bakti Pramuka (Pertika) untuk ke-4 kalinya. Seperti halnya tahun lalu, tahun ini Pertika kembali dilaksanakan di lapangan Agrowisata Selopajang Timur, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Upacara pemberangkatan yang dilaksanakan di Sekolah dilepas langsung oleh bapak kelapa sekolah, pada upacara pemberangkatan ini bapak kepala sekolah berpesan agar acara Pertika dilaksanakan dengan elegan dan penuh kegembiraan, tidak ada perpeloncoan ataupun kekerasan dalam acara Pertika ini, dan alhamdulillah hingga acara berlangsung apa yang dipesankan oleh bapak kepala sekolah terlaksana dengan baik dan semua peserta juga panitia Pertika mengikuti acara dengan baik dan gembira.

Pada acara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan Agrowisata Selopajangan, pembina pramuka bapak Satriyo berpesan juga bahwa acara Pertika adalah tempat untuk mengekspresikan diri dan bersenang-senang dengan terus berpegangan pada Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka.

Acara Pertika yang diikuti oleh semua kelas X ini merupakan salah satu rangkaian acara wajib bagi siswa baru (kelas X) yang nantinya mereka juga wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka setiap hari Jum’at. Selain acara-acara untuk bakat dan kreatiftas, salah satu acara yang paling ditunggu di setiap kegiatan pramuka adalah Jelajah Alam (mencari jejak), dimana peserta Pertika dituntut untuk menemukan tanda-tanda jalan yang telah dipersiapkan oleh panitia dan mengikutinya hingga ke pos-pos yang dijaga oleh panita dan bapak/ibu guru pembina. Di setiap pos peserta harus menyelesaikan soal atau tugas yang sudah disiapkan oleh panitia, mulai dari tugas menerjemahkan sandi, soal-soal kepramukaan hingga kekompakan dalam beryel-yel.

Pada malam terakhir acara Pertika 2018 ini peserta menampilkan kreatifitas mereka di acara Api Unggun, dimana pada malam ini juga datang kakak-kakak Dewan Ambalan Senior dan juga beberapa wali murid yang ingin melihat langsung penampilan anak-anak mereka sekaligus untuk menengok kegiatan Pertika ini.

Selain acara kreatiftas dan kepramukaan, seperti pada kegiatan Pertika tahun-tahun sebelumnya,  juga terdapat kegiatan kerohanian seperti mengaji bersama, sholat jama’ah isya dan mahrib serta sholat Jum’at yang dilaksanakan di pendopo Agrowisata Selopajang Timur. Selain itu juga peserta Pertika memberikan sumbangan sembako kepada warga sekitar Agrowisata yang diterima langsung oleh perwakilan warga masyarakat sekitar. 

 

Tinggalkan Komentar atau Pesan Anda Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Security Test
%d bloggers like this: