Tahun Pelajaran 2019-2020 SMANSA Sudah Pakai SKS

diesnat67

Seperti yang telah disampaikan pada awal semester 2 ini tepatnya tanggal 4 Januari 2019 yang lalu saat bapak-ibu guru mengikuti kegiatan sosialisasi Sistem Kredit Semester (SKS) yang diadakan di ruang multimedia SMANSA dengan mendatangkan langsung pembicara dari tim SKS SMA 1 Wonosobo yang telah melaksanakan SKS sejak tahun 2013. Pada acara tersebut disampaikan bahwa SMANSA berencana akan menggunakan sistem SKS pada tahun pelajaran 2019-2020 yang akan datang.

Salah satu keunggulan sistem ini yaitu setiap siswa dapat memperoleh kesempatan belajar dan mencapai tingkat kemampuan optimal sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan kecepatan belajar. Dengan sistem SKS ini siswa yang memiliki kemampuan lebih mereka bisa lulus lebih cepat dalam waktu 2 tahun, namun bisa juga siswa lulus dalam watku 4 tahun pembelajaran, sehingga dalam satu angkatan siswa tidak semuanya bisa lulus bebarengan, karena mereka yang memiliki kemampuan lebih bisa terlebih dahulu lulus sekolah dengan lebih cepat.

Siswa yang ingin lulus cepat dalam 2 tahun, maka harus mampu mengikuti pembelajaran yang ada. Dimana dalam satu semester ajaran mereka akan mepelajari materi pelajaran untuk semester yang sedang berlangsung dan juga mempelajari materi semester berikutnya, begitupula seterusnya. Sebagai contoh, saat pertama masuk tahun ajaran baru besok, siswa akan berada di semester 1, namum siswa juga akan mempelajari materi di semester 2 dan begitu pula semester berikutnya di semester kedua mereka akan mempelajari materi semester 3 dan sebagainya sesuai dengan kemampuan mereka. Bagi mereka yang telah menyelesaikan materi semeter yang sedang mereka ikuti dan dinyatakan lulus untuk semester tersebut lalu ingin melanjutkan mempelajari materi di semester berikutnya maka siswa tersebut diperbolehkan mengikuti pembelajaran untuk materi di semester berikutnya.

IMG-20190425-WA0055

Kepala sekolah mensosialisasikan sistem SKS

Siswa yang memiliki kemampuan lebih akan dianjurkan dan didorong untuk mengikuti pembelajaran yang lebih cepat agar mampu menyelesaikan pembelajaran dalam waktu 2 tahun saja. Sedangkan bagi siswa yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengikuti pembelajaran maka akan mendapatkan penanganan yang berbeda dari siswa yang mampu belajar dengan cepat. Meskipun demikian, guru-guru di SMANSA telah disiapkan untuk menangain masing-masing keunikan dan perbedaan yang akan terjadi ketika sistem SKS ini dilaksanakan di SMANSA.

Pada dasarnya kemampuan setiap siswa itu berbeda-beda dan unik jadi penangannya pun harus berbeda-beda untuk setiap individunya, tidak boleh disamakan seperti pada sistem paket yang telah dilaksanakan pada tahun pelajaran sebelumnya. Bisa jadi nantinya akan ada dalam satu kelas di salah satu mata pelajaran, materi yang dibahas/dipelajari berbeda-beda antara satu murid dengan murid yang lainnya. Selain itu guru juga akan memberikan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) yang berupa modul, hand out ataupun bahan ajar lain yang relevan dengan materi yang dipelajari.

Untuk mempersiapkan sistem SKS pada tahun ajaran baru besok, SMANSA telah mempersiapkan diri dengan berbagai hal yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan SKS di sekolah. Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mengadakan kegiatan sosialisasi kepada guru, karyawan TU, siswa bahkan wali murid dan juga komite sekolah melalui pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh pihak sekolah dengan masing-masing komponen.

Sistem SKS hanya dilaksanakan untuk calon siswa baru tahun pelajaran 2019-2020

Sistem SKS ini nantinya hanya akan dilaksanakan bagi siswa baru di tahun pelajaran 2019-2020, sedangkan bagi kelas X dan XI yang tahun depan akan naik ke kelas XI  dan XII tetap akan menggunakan sistem paket. Oleh sebab itu bagi calon siswa baru ataupun orang tua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke SMANSA pada tahun ajaran 2019-2020 besok harus benar-benar tahu dan mengerti bahwa pada tahun ajaran yang akan dimasuki oleh putra-putri bapak/ibu sekalian akan menerapkan sistem SKS yang memberikan kesempatan belajar yang berbeda-beda bagi putra-putri bapak/ibu sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Selain SKS, kedepannya semua kegiatan penilaian/ujian di SMANSA akan menggunakan sistem daring (online) yang akan terintegrasi dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang sudah ada ataupun akan dibuatkan yang baru untuk menunjang kegiatan pembelajaran di SMANSA yang lebih baik dan tidak terbatasi oleh waktu ataupun tempat (kelas) karena bisa diakses melalui gawai pinter (gadget/smartphone) atapun komputer dari tempat siswa berada.

 

Baca juga : Sosialisasi SKS Untuk Siswa SMANSA

Tinggalkan Komentar atau Pesan Anda Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Security Test
%d bloggers like this: