UNBK 2019

diesnat67

_MG_6667Tahun 2019 ini UNBK dimulai bertepatan dengan tanggal 1 April yang juga jatuh pada hari senin. Ini merupakan kali ke-5 UNBK dilaksanakan di SMA 1 Pekalongan sejak tahun 2015. Untuk UNBK tahun pelajaran 2018-2019 ini memang berbeda dari UNBK pada tahun-tahun sebelumnya, yang mana tahun ini UNBK dilaksakaan selama 2 minggu yaitu dari tangga 1 s.d 8 April 2019 dikarenakan pada tanggal 3 April ada peringatan hari Isra’ Mi’raj sedangkan pada hari jum’at memang tidak ada jadwal untuk kegiatan UNBK. Oleh sebab itu UNBK untuk mata pelajaran pilihan diadakan pada tanggal 8 April 2019 sekaligus menutup kegiatan UNBK pada tahun 2019 ini.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setiap akan menghadapi kegiatan UNBK siswa kelas XII selalu mengadakan kegiatan Deklarasi UN  yang selalu mengedepankan sikap jujur dalam mengikuti UNBK tahun ini. Selain itu pada siang harinya sekitar pukul 14:00wib siswa kelas XII dengan difasilitasi oleh MPK mengakadan kegiatan istighosah guna menambah semangat dan keyakinan mereka dalam menghadapi UNBK tahun ini. Sedangkan untuk siswa non-muslim, mereka juga tidak ketinggalan mengadakan doa bersama dengan dipimpin oleh guru agama mereka di gereja beberapa hari sebelum deklarasi dilangsungkan.

UNBK tahun ini diikuti oleh 310 siswa yang terdiri dari 65 siswa program IPS dan 245 siswa program IPA yang masing-masing tersebar ke dalam kelas masing-masing.

Adapun untuk tahun ini mata pelajaran pilihan yang dipilih oleh siswa meliputi; Fisika (55 siswa), Kimia (81 siswa), Biologi (109 siswa), Ekonomi (19 siswa), Sosiologi (11 siswa) dan Geografi (35 siswa) yang mana untuk mata pelajaran pilihan ini akan diujikan pada hari terakhir UNBK (8 April 2019).

UNBK tahun ini masih seperti tahun lalu yang menggunakan 3 laboraturium (2 lab komputer dan 1 lab bahasa yang telah dilengkapi komputer). Setiap harinya terdapat 3 sesi untuk masing-masing ruangan ujian, dimana ujian paling awal dimulai pada pukul 7:30WIB sedangkan untuk sesi terakhir dimulai pada jam 14:00WIB.

Adapun untuk jadwal pelajaran yang diujikan pada UNBK tahun ini setiap harinya adalah sebagai berikut;

  • Senin, 1 April 2019 : Bahasa Indonesia
  • Selasa, 2 April 2019 : Matematika
  • Kamis, 4 April 2019 : Bahasa Inggris
  • Senin, 8 April 2019 : Mata Pelajaran Pilihan

Pada hari senin yang lalu, perwakilan dari Direktorat Pendidikan Menengah Pusat (Kemdikbud) meninjau langsung pelaksanaan kegiatan UNBK di SMANSA sekaligus memonitor kegiatan ini dari pagi hingga UNBK selesai.

Kita berharap semoga UNBK tahun ini mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama dan menjadikan SMANSA kembali berjaya di tingkat kota, provinsi bahkan nasional.

Tinggalkan Komentar atau Pesan Anda Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Security Test
%d bloggers like this: